Penyajian Makanan yang Baik, Awal Tubuh Sehat | OmJis.com

Penyajian Makanan yang Baik, Awal Tubuh Sehat

March 4th, 2012 Rajhis 0 Comments

Minimnya pengetahuan mengenai penyajian makanan yang baik, membuat kita menjadi penggemar makanan junkfood. Di lihat dari segi kepraktisannya, makanan ala junkfood memang sangat praktis dan efisien, terutama bila Anda tergolong orang yang sibuk.

Namun terpintaskah di pikiran Anda bahwa makanan junkfood tidak baik bila dikonsumsi secara kontinyu? Telah banyak kita ketahui dampak buruk dari makanan cepat saji tersebut, salah satunya adalah minimnya kandungan gizi yang hanya sebatas protein dan karbohidrat, belum lagi wadah penyajiannya yang menggunakan bahan yang berbahaya bagi tubuh kita.

Penyajian Baik, Tubuh Pun Sehat

Penyajian makanan yang baik dan sehat merupakan awal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sesibuk-sibuknya Anda, bagilah waktu untuk tetap bisa menyajikan makanan yang baik. Khususnya bagi Anda yang memilih untuk tidak bekerja, sudah tentu Anda wajib menyajikan makanan yang baik bagi keluarga Anda.

Meski Anda memiliki seorang pembantu di rumah, tak ada salahnya juga bila Anda ikut mengajarkan pembantu Anda bagaimana menyajikan makanan yang baik.

Makanan yang baik dan bagus buat kesehatan kita setidaknya harus memenuhi standar pemenuhan gizi tubuh yaitu empat sehat lima sempurna. Jadi makanan yang Anda sajikan sekiranya memenuhi kebutuhan gizi seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Pilihan menu makanan sehari-hari juga harus diperhatikan kadar gizinya, jangan sampai hanya mengandung salah satu gizi saja seperti protein saja atau vitamin saja.

Penyajian makanan yang bahan pembuatnya menggunakan zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti penyedap rasa, sebaiknya dihindari dan diminimalkan. Kandungan dalam penyedap rasa seperti Monosodium Glutamate, atau yang sering dikenal dengan MSG, tidak baik untuk tubuh kita karena bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Atur Menu Makanan

Aturlah menu makanan sehari-hari Anda dan keluarga Anda. Bila terpaksa makan di luar seperti di restoran atau rumah makan, pilihlah menu sehat, yang mencukupi kebutuhan gizi tubuh Anda. Tidak ada salahnya Anda meminta pada pelayan restoran untuk tidak menambahkan penyedap ke dalam masakan yang Anda pesan.

Atur menu dari pagi sampai malam hari setiap harinya, jangan sampai Anda memasak menu makanan yang sama dalam tiga hari berturut-turut, karena tidak adanya variasi asupan gizi yang akan Anda dapatkan.

Penyajian makanan sebaiknya memenuhi kebutuhan akan gizi yang baik dan seimbang. Misalnya dapat Anda pilih menu manakan dalam sehari berupa sup ayam dan wortel, ayam kecap, tahu taoge, sambal bawang, dan kerupuk Udang. Susu bisa Anda tambahkan ketika sarapan dan sore hari.

Anda bisa membuat daftar menu harian Anda jika diperlukan. Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan di sela-sela menu makanan Anda. Bisa berupa jus buah, atau buah potongan.

Hati-hati jika Anda termasuk yang rajin mengkonsumsi sereal penambah energi. Sereal batangan yang dijanjikan mengandung sumber energi, kenyataannya sereal batangan mengandung sedikit energi yang dilepaskan secara bertahap.

Selain itu, sereal batangan juga mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi. Demikian juga halnya dengan agar-agar atau puding buah kemasan. Jenis makanan tersebut hanya memiliki sedikit kandungan buah, tinggi kandungan buah yang disuling dan tidak mengenyangkan.

Penyajian makanan yang baik, memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas hidup kita. Dengan memakan makanan sehat dan pola penyajian makan yang sehat, kondisi fisik akan lebih terjamin, sehingga dapat melakukan aktivitas dengan baik. Tubuh yang sehat akan mendorong semangat bekerja, berpikir, dan menjadi lebih produktif.

Menu Selama Seminggu

Berikut contoh menu yang dapat Anda sajikan untuk keluarga Anda selama seminggu:

Senin

Selasa 

Rabu

Sup Jagung Manis dan Bola DagingSatai Udang BakarTempe Penyet, Sambal Soto, Kerupuk PasirBuah Apel

Kamis

Jumat

Tumis Bunga PepayaTude BakarPerkedel Jagung, Sambal Dabu-DabuEmping dan Buah Jeruk

Sabtu

Minggu

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Penyajian Makanan yang Baik, Awal Tubuh Sehat”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: