Penanganan Hasil Pertanian | OmJis.com

Penanganan Hasil Pertanian

April 20th, 2012 Rajhis 0 Comments

Tiada yang paling menyenangkan ketika mata kita menatap deretan tanaman yang telah siap dipanen, buah yang matang dengan warna yang menyejukkan mata dan memberi harapan harga jual yang menjanjikan.  Namun hasil panen yang berlimpah pun kadang menjadi masalah bila kita tidak mampu melemparnya ke pasar alias pasar tidak memberi peluang harga yang menguntungkan. Menjawab masalah ini adalah melakukan penanganan  hasil pertanian agar produk pertanian kita tetap mempunyai kemampuan bersaing dengan hasil produk pertanian sejenis.

Sudah diketahui bersama bahwa produk pertanian adalah produk dengan tingkat penurunan mutu hasil yang tinggi. Hal ini disebabkan karena umumnya produk pertanian bersifat musiman dan mudah sekali mengalami kerusakan. Jika sudah demikian, harga akan cenderung turun, dan akan lebih parah lagi bila panen dilakukan serentak.


Penanganan hasil pertanian

Sebenarnya penanganan hasil pertanian itu tidak terlalu sulit, asal kita tahu kriteria seperti apa produk pertanian kita, apakah tergolong dalam serealia (biji-bijian) atau tergolong dalam produk hortikultura (buah dan sayuran), sehingga penanganan hasil pertanian yang tepat dapat kita lakukan.  Beberapa catatan penting yang perlu diingat yaitu :

Secara umum bagi tanaman serealia, seperti padi, kedelai, jagung dan sebagainya yang mesti dilakukan adalah menurunkan kadar air panen produk pertanian biasanya dilakukan penjemuran hingga dicapai kadar air tertentu, lalu dikemas dan dapat disimpan agar tahan lama. Bagi tanaman hortikultura, misalnya buah-buahan dapat dilakukan dengan cara mengurangi gesekan antara produk. Sebab, untuk sebagian buah dan sayuran memiliki kulit buah yang sangat tipis, sehingga perlu penanganan ekstra hati-hati. Kemas produk – produk sayuran dan buah dalam kemasan yang tidak terlalu besar, agar produk tidak mengalami kerusakan yang cukup besar. Bila lokasi penjualan produk hasil pertanian kita cukup jauh, maka perlu dipikirkan cara mengemas produk dan meminimalkan kerusakan. Satu lagi yang perlu dicoba adalah melakukan pengolahan lanjutan seperti dijadikan puree, sari buah, dodol, manisan ataupun asinan dan sebagainya.

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Penanganan Hasil Pertanian”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: