Organ-Organ dalam Perut | OmJis.com

Organ-Organ dalam Perut

July 7th, 2012 Rajhis 0 Comments

Perut atau abdomen merupakan bagian tubuh manusia yang paling fleksibel. Bagaimana tidak, semua makanan yang kita makan akan ditampung di dalam perut yang rongganya akan membesar dan perlahan mengecil bila makanan sudah turun ke usus. Kemudian, makanan disimpan dalam organ pencernaan terakhir yang disebut rektum.

Meskipun memiliki sifat lentur, rongga perut sesungguhnya sangat keras. Hal itu terjadi tebalnya dinding perut dan terdapat otot-otot yang menyangga. Dengan demikian, perut tetap bisa kembali ke bentuk semula selama tidak ada penyumbatan organ-organ tubuh dalam perut.

Perut yang bisa mengembang dan mengempis sesuai isi dalam rongganya ini harus dijaga kesehatannya mengingat adanya sistem organ yang dilindungi oleh otot-ototnya. Sebagian besar dari organ-organ itu merupakan organ yang penting dalam sistem pencernaan. Di antara organ-organ dalam perut adalah seperti berikut ini.

Organ-Organ Perut

1. Lambung

Posisinya berada di bawah sekat antara dada dan perut. Lambung mempunyai tugas menyerap sebagian kecil sari-sari makanan yang baru saja melewati saluran kerongkongan. Dinding lambung memiliki 4 lapisan. Lapisan mukosa yang terdiri dari jaringan epitel dan sel lendir.

Lapisan submukosa adalah lapisan terluar yang terdapat otot membujur di dalamnya berfungsi melindungi lambung. Lapisan muscularis berada dalam jaringan lapisan mukosa yang terdapat otot bulat dan lapisan serosa.

2. Usus Halus

Posisinya berada di antara lambung dan usus besar. Usus halus terdiri dari duodenum (usus dua belas jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (usus penyerapan).

3. Usus Besar

Posisinya berada di antara rektum dan usus buntu. Dalam usus besar, terjadi penyerapan air pada feses.

4. Usus Buntu

Posisinya berada di antara ileum dan usus besar. Usus buntu membantu berperan mengeluarkan kelenjar limfoid sebagai materi kekebalan tubuh.

5. Rektum

Posisinya berada sebelum anus. Dengan menjaga kesehatan rektum, berarti Anda bisa terhindar dari infeksi rongga perut.

6. Ginjal

Organ yang satu ini berperan penting dalam menyaring kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urin. Ginjal berada pada posisi bagian belakang perut, di bawah hati.

7. Hati

Organ tubuh yang berfungsi menetralkan racun ini posisinya berada di sebelah kanan rongga perut.

8. Pankreas

Organ tubuh yang menghasilkan enzim insulin ini terletak pada bagian bawah perut dekat usus dua belas jari.

Gaya Hidup Sehat Itu Penting

Begitu banyaknya organ tubuh yang berada dalam rongga perut harusnya menyadarakan kita betapa pentingnya menjaga gaya hidup sehat dengan makan teratur, istirahat teratur, berolah raga, dan selalu positive thinking. Dengan makan teratur, kita akan bisa mengontrol kadar lemak dalam perut.

Munculnya lemak atau selulit di perut bisa jadi karena pola makan yang tidak seimbang. Apalagi, Anda yang tidak selalu bisa istirahat cukup karena pekerjaan yang menyita waktu biasanya sering memakan makanan dalam sembarangan waktu. Berpikiran positif bisa mencegah munculnya penyakit gastritis pada lambung secara psikis.

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Organ-Organ dalam Perut”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: