Mereguk Untung Dari Peternakan Ayam Potong | OmJis.com

Mereguk Untung Dari Peternakan Ayam Potong

May 2nd, 2012 Rajhis 0 Comments

Selain ikan dan daging sapi, ayam adalah satu makanan populer yang banyak di sukai orang. Jadi tidak mengherankan bila bisnisĀ ayam potong selalu menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Apalagi setelah serangan flu burung yang dulu pernah merajalela sudah mereda. Banyak para peternak ayam yang dulu gulung tikar mulai bangkit lagi untuk menjalankan usahanya kembali. Kandang yang sebelumnya kosong melompong telah kembali ramai dengan suara ayam yang diternakan untuk diambil dagingnya.

Keuntungan Berternak Ayam Potong

Kenapa banyak orang yang tertarik untuk berternak ayam potong?. Karena perternakan ini punya beberapa keunggulan yaitu :

Masa panennya lebih singkat bila dibandingkan dengan usaha peternakan lain. Pada usia sekitar satu bulan ayam potong sudah bisa disembelih untuk diambil dagingnya.
Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pertenakan ini tidak banyak.
Cara perawatan ayam jenis ini juga relatif mudah, tidak terlalu banyak menguras waktu dan tenaga.
Harga makanan untuk ayam ini terbilang murah, sehingga ongkos produksinya juga bisa ditekan. Apalagi cara mendapatkannya juga relatif mudah.
Bila peternak kreatif, bisa mendapat hasil yang lain selain ayam potong. Yaitu kotorannya yang bisa digunakan untuk pupuk tanaman.
Harga ayam potong cenderung stabil, tidak mudah dipermainkan oleh para tengkulak.
Cara pemasarannya juga mudah karena banyak orang yang membutuhkan.

Langkah Jitu Berternak Ayam Potong

Untuk membuka usaha peternakan ayam potong, pertama kali yang harus dilakukan adalah mencari tempat atau lokasi untuk peternakan itu sendiri. Usahakan di pinggiran kota yang belum banyak penduduknya, serta mudah dalam pembuangan limbah atau kotoran ayamnya.

Setelah mendapat lokasi yang cocok, siapkan kandang untuk ayam. Buatlah kandang dengan menggunakan bambu, karena selain lebih murah dari kayu juga bisa tahan lama dan awet. Apalagi bila ditempatkan pada daerah yang kering. Bila dana belum mencukupi bisa menggunakan kandang bekas, namun harus disterilkan lebih dulu.

Agar ayam yang diternak nanti bisa nyaman karena kandang terasa hangat, berilah alasnya dengan kulit padi yang sudah kering atau karung goni. Dan bila bibit ayam potongnya masih kecil, siapkan pula lampu listrik di beberapa tempat, karena karung goni atau kulit padi saja tidak cukup hangat untuk ayam yang baru menetas.

Untuk pemberian makan dan minumnya bisa dikasih pada waktu pagi dan sore. Jangan lupa pula, ayam potong juga perlu diberi vaksin agar tetap sehat dan pertumbuhannya selalu normal.

Bila ayam sudah mulai besar atau umurnya sekitar dua minggu, pindahkan ayam potong pada kandang yang lebih luas dan lebar. Karena mereka juga butuh bergerak bebas. Porsi makannya juga mesti ditambah. Demikian pula dengan vitamin dan obat anti serangan penyakitnya. Karena ayam jenis ini memang lebih mudah terkena penyakit dibanding dengan ayam dari jenis yang lain.

Setelah selama satu bulan kita membuang tenaga dan waktu untuk memelihara ayam, sekarang saatnya untuk menikmati masa panen ayam potong. Sebab pada usia inilah ayam tersebut sudah pantas untuk disembelih dan dinikmati dagingya. Bawalah ayam-ayam tersebut ke pasar atau ajaklah pembeli ke tempat perternakan Anda. Maka keuntungan yang lumayan besar sudah ada di depan mata Anda.

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Mereguk Untung Dari Peternakan Ayam Potong”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: