Memilih Keramik Lantai | OmJis.com

Memilih Keramik Lantai

January 9th, 2012 Rajhis 0 Comments

Sepintas, banyak orang yang menyamakan antara keramik, marmer, porselin, ubin (traso), dan granit. Padahal, alas lantai tersebut memiliki tingkatan kualitas barang dan harga yang berbeda sesuai desain pola keramik. Keramik lantai juga memiliki sifat rapuh, keras, dan kaku. Pilihlah keramik lantai yang kinclong dan tidak licin.

Jika Anda bingung memilih keramik lantai, coba sesekali lihat majalah rumah atau browsing internet. Ada banyak model keramik cantik. Keramik model mozaik seperti model Mediteranian juga banyak diminati. Aneka keramik yang saat ini tersedia di pasaran memiliki kualitas nomor 1, 2, 3 (KW 1, 2, 3).

Pilih saja keramik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai terlalu mahal dan malah memberatkan keuangan Anda. Khusus untuk seputar Jakarta, bisa dicari di Jalan Cileungsi, Pasaraya Manggarai, Depo Bangunan Serpong, Jalan percetakan Negara, Pinangsia (Glodok), dan Mangga Dua.

Perbedaan KW 1, 2 dan 3, terkadang terletak pada potongan, kualitas tekstur, dan ketebalan. Hati-hati juga ketika Anda membeli keramik bekas. Apakah menggunakan kardus atau hanya diikat tali rapia. Periksa dengan teliti apakah ada cacat atau retak.

Warna Pilihan Keramik

HitamPutihAbu-abuKremKuningHijauMerah MaronPinkMerah

Tips Mudah Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

Agar lebih hemat, hitung kebutuhan dalam meter persegi.Hitung jumlah keramik yang akan dipasang.Lihat pola desain keramik.Hitung juga luas ruangan, keliling ruangan x 0.1 untuk kebutuhan plinnya (tinggi 10cm) ditambah 5% sebagai cadangan kalau-kalau terjadi kerusakan (keramik pecah).Untuk kamar ukuran 3×4 meter, tinggal dihitung saja luas ruangan 3×4=12 meter persegi ditambah keliling ruangan 2 (3+4)x0.1=1.4 meter persegi. Totalnya menjadi 13.4 meter persegi. Lalu, tambahkan 5% sebagai cadangan. Total keseluruhan 13.4+(13.4×0.05)=14.07 meter persegi. 1 dus keramik berisi 1 meter persegi keramik sehingga ada 14 dus keramik yang diperlukan untuk ukuran kamar 3×4 meter.Perkiraan perhitungan keramik tersebut akan lebih akurat apabila memperhatikan desain pola lantainya terlebih dulu. Terkadang, pola keramik diagonal sisi-sisinya tidak seragam. Maka, sering kita lihat ada perpaduan keramik border (frame) untuk menyatukan lantai dengan plin dinding. Hati-hati memotong keramik yang masih utuh. Jangan sampai berlebihan hingga tidak bisa terpakai.

Bahan Baku Keramik

FelspardBall clayKwarsaKaolinAir

Klasifikasi Keramik

Keramik tradisional dibuat dengan buatan tangan dan konsep tradisional.Keramik halus (keramik modern) dibuat menggunakan teknologi, seperti oksida logam, elemen pemanas, semikonduktor, dan komponen turbin.

Pemilihan Jenis Keramik yang Bagus

Kekuatan bahan. Pilihan corak.Harga.Kemudahan memperoleh barang.

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Memilih Keramik Lantai”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: