Melestarikan Model Rumah Kampung Jawa | OmJis.com

Melestarikan Model Rumah Kampung Jawa

December 14th, 2011 Rajhis 1 Comment

Saat ini model rumah luar biasa berkembang pesat seiring dengan berkembangnya kehidupan masyarakat. Model rumah yang cenderung menjadi trend adalah rumah bergaya modern dengan model desain yang minimalis.Selain itu bergaya eropa juga banyak diminati dan diadaptasi terutama rumah modern yang banyak terdapat di kota besar.

Model rumah memang mengikuti trend sekaligus kebutuhan dan gaya hidup dari kelompok masyarakat itu sendiri. Terjadi perubahan konsep terhadap fungsi rumah yang kemudian membawa perubahan pula pada pemilihan, desain dan pembangunan rumah.

Rumah bukan saja sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan, tempat berkumpul keluarga atau aktifitas pribadi lainnya. Rumah juga difungsikan sebagai tempat bekerja, rekreasi, olah raga dan aktifitas lainnya yang dulunya tidak dilakukan dirumah.

Makanya sekarang tidak heran jika model rumah modern saat ini dilengkapi dengan segala fasilitas seperti ruang bekerja,kolam renang,lapangan golf mini, perpustakaan keluarga dan lain sebagainya sehingga model rumah orang modern berkembang pesat.

Model Rumah Kampung Jawa

Model rumah yang ada di kampung Jawa pada umumnya sangat berbeda dengan model rumah modern saat ini. Rumah modern lebih minimalis, serta pembagian ruang dan penempatan barang lebih efektif. Sebaliknya dengan model rumah kampung jawa. Rumah dibangun dengan ukuran besar namun pembagian ruang terbatas, serta memiliki pembagian ruang yang tidak jelas sehingga tampak kurang efektif.


Model rumah kampung Jawa ini masih tradisional serta memakai bahan bangunan yang sederhana pula, dengan model khas joglo. Biasanya bagian depan rumah yang difungsikan sebagai ruang tamu dibangun dengan ukuran besar dengan diletakkan empat pilar yang terbuat dari empat kayu yang diletakkan sedemikian rupa, berfungsi sebagai penyangga bagian atap rumah. Pilar sekaligus rangka bangunan semua dipilih dari kayu jati asli, sehingga tampak kokoh menyangga atap rumah yang terbuat dari tanah liat yang berupa genteng.

Biasanya genteng ini juga tidak ditutup dengan plafon, namun dibiarkan terbuka tampak sehingga sirkulasi udara lebih banyak dan hawa di dalam rumah juga menjadi lebih segar. Pembuatan pintu juga lebih besar ukurannya dengan jendela yang diletakkan rendah dengan ukuran lebar serta bergandeng sampai tiga daun pintu. Selain itu, penempatan kamar mandi dan Wc pun tidak di dalam rumah meskipun rumah tersebut memiliki ukuran besar serta masih tersedia banyak ruangan yang belum dimanfaatkan.

Model Rumah Yang Harus Dilestarikan

Seiring perkembangan serta meningkatnya taraf hidup masyarakat, semakin banyak pula orang yang peduli dengan desain serta arsitektur rumah kampung jawa yang cenderung tradisional dengan tetap dilestarikan sebagaimana aslinya. Bagi mereka yang senang dan peduli akan model rumah tradisional jawa , melestarikan model rumah sebagaimana aslinya adalah suatu kepuasan dan kebanggaan tesendiri.

Dapat mernikmati suasana rumah tradisional yang asri di jaman modern dapat memberikan nuansa tersendiri, sekaligus bisa bernostalgia masa kecil yang indah dengan suasana pedesaan yang khas.Melestarikan model rumah tradisional juga akan memberikan sumbangsih pelestarian nilai budaya bangsa.

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

One Comment to “Melestarikan Model Rumah Kampung Jawa”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: