Spesifikasi Dan Kelemahan Motor Honda CS1 | OmJis.com

Spesifikasi Dan Kelemahan Motor Honda CS1

July 8th, 2011 Rajhis 1 Comment

Kekurangan Honda CS 1 yang banyak diungkap oleh pengamat otomotif ternyata tidak menjadikan motor ini kehilangan peminat. Meski diperkirakan hal ini salah satunya dipengaruhi oleh persepsi masyarakat tentang merk Honda yang sudah melegenda. Namun fakta yang diungkap menunjukkan bahwa pada dasarnya motor bersilinder 125cc ini tetap diyakini memiliki performa yang moncer.

Pertama kali diluncurkan pada pertengahan tahun 2008, pada awalnya motor ini diharapkan bisa menggantikan peran pendahulunya yakni Honda Kharisma. Hal ini khususnya dalam berebut pasar bebek di kelas 125cc yang memang masih sepi pemain. Bahkan boleh dibilang Honda adalah pemain tunggal di kelas ini. Sebab, pesaing lainnya justru meluncurkan produk dengan kapasitas 130cc dan 135cc.

Meski demikian, saat melihat penampilan pertama kali sempat muncul pesimisme bahwa CS 1 bisa menyamai kedigjayaan kakak kandungnya, Kharisma. Hal ini mengingat banyak kekurangan cs 1 yang bisa dilihat secara kasat mata. Bahkan ada beberapa bengkel resmi Honda yang mengakui produk ini memang memiliki beberapa kelemahan.

Spesifikasi Honda CS1

Panjang x lebar x tinggi : 1923 x 682x 1024 mm
Jarak sumbu roda : 1251 mm
Jarak terendah ketanah : 130 mm
Berat kosong : 114 kg
Type rangka : Twin tube frame
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Tunggal / Monoshock
Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 4.1 lt
Type mesin : 4 langkah, OHC pendingin air
Diameter x langkah : 58 x 47.2 mm
Volume langkah : 124.7 cc
Perbandingan kompresi : 10.7 : 1
Daya maksimum : 12.8 PS / 10000 rpm
Torsi maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin : 1.0 lt pada penggantian periodik
Kopling : Manual, multiplate wel Clutch
Gigi transmisi : 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
Starter : Electric starter & Kick Starter
Aki : MF 12V-3.5Ah
Busi : ND U24ESR-N, NGK CR8E
Sistem pengapian : DC-CDI

Beberapa hal yang dianggap sebagai kendala dan menjadi kekurangan CS 1 di antaranya adalah :

  • Radiator yang mudah bocor. Dan ini adalah bentuk kekurangan mendasar dari CS 1 yang sudah diakui oleh kalangan intern mekanik Honda. Untuk itu sebagai solusi bagi pemilik CS 1 untuk sering mengecek kondisi radiator, meskipun motor ini masih tergolong motor baru.
  • Bentuk bodi yang terkesan kuno atau jadul. Inilah yang pada awalnya sempat menjadikan keraguan pada pemakainya. Mengingat, dalam penampilannya, CS 1 dibalut dengan tampilan yang sama sekali tidak mengesankan modernitas. Akibatnya, anak muda yang selalu menginginkan penampilan yang futuristik kurang begitu meminati produk ini.
  • Untuk perjalanan malam di medan yang berbelok-belok, menggunakan motor CS 1 agak menyulitkan. Sebab lampu utama yang menyatu dengan bodi, menjadikan sorot lampu hanya bisa menyorot lurus ke depan. Sehingga pengendara kurang terbantu apabila menghadapi medan jalan yang berkelok-kelok. Solusinya, dengan memberikan lampu tambahan yang diletakkan di bagian stang, tentu dengan memberikan sedikit modifikasi untuk membuat dudukan lampu tersebut.
  • Harga yang dipatok terlalu mahal. Hal ini banyak dikeluhkan oleh calon konsumen. Sebab, sebagai motor bebek yang berkapasitas mesin “hanya” 125cc namun harga yang harus ditebus konsumen mengalahkan harga jual motor yang berkapasitas 135cc dari produsen tetangga.

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

One Comment to “Spesifikasi Dan Kelemahan Motor Honda CS1”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: