Fungsi Kelompok Tani Ternak | OmJis.com

Fungsi Kelompok Tani Ternak

October 17th, 2011 Rajhis 0 Comments

Fungsi Kelompok Tani Ternak

Kelompok tani ternak sebagai salah satu upaya pengembangan kemampuan anggota kelompok atau peternak dalam pemenuhan akan kebutuhan daging masyarakat, baik itu berupa daging ternak besar berupa sapi, kerbau, kambing atau juga daging unggas, seperti ayam, itik, dan bebek.

Kebutuhan ini menjadi prospek yang baik, bagi pengembangan ternak dengan sistem berkelompok.  Dalam sistem berkelompok tani ternak, tiap-tiap anggota diarahkan ikut berperan dalam pengembangan kelompok dan menjalankan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan secara kelompok.

Peran kelompok tani ternak lebih dipacu lagi bagaimana upaya kelompok dalam memajukan kelompok usaha ternaknya.  Kelompok tani ternak sesungguhnya sama saja dengan kelompok tani yang lain, misalnya kelompok tani pangan atau kelompok tani bidang hortikultura.

Kelompok tani ternak bukan hanya sekumpulan anggota yang mempunyai keinginan dan kepentingan bersama yang bergabung dalam sebuah wadah kelompok tani ternak, akan tetapi juga menjadikan kelompok sebagai sarana untuk pengembangan diri dalam berorganisasi dan pengembangan ternak.

Fungsi Kelompok Tani Ternak

Kelompok menjadi wadah kelas belajar mengajar dimana didalamnya setiap anggota dapat memperoleh pengetahuan sehubungan dengan bidang usaha yang ditekuninya, dan sumber pembelajarannya dapat berasal dari sesama anggota yang telah mandiri atau maju, pun dapat juga dari dinas terkait.  Anggota dapat menarik manfaat lebih baik dengan berkelompok di bandingkan dengan tidak berkempok.

Kelompok manjadi wadah unit produksi dimaksudkan bahwa kelompok adalah sarana terbentuknya ikatan usaha antara anggota dalam satu unit usaha bersama. Membentuk sebuah kelompok tani ternak seharusnya dimulai dari keinginan dari anggota sendiri untuk berkelompok, penentuan struktur kelompok dan jenis kegiatan yang dilakukan secara berkelompok, sehingga dalam perjalanan kelompok kemudian akan semakin mematangkan tiap-tiap anggota kelompok untuk saling bekerja sama dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan bersama.

Kelompok menjadi wahana kerjasama yakni bahwa kelompok didirikan atas keinginan bersama anggota untuk mencapai tujuan yang sama, oleh karena itu maka seharusnyalah bahwa semua kegiatan dilakukan secara bersama-sama.

Bila  kelompok dapat berjalan sesuai dengan rumusan tujuan awal didirikan, maka tidak mustahil akan tercapai pengembangan kelompok tani ternak menjadi maju. Hal ini hendaknya juga didukung dari dinas terkait.

 

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Fungsi Kelompok Tani Ternak”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: