Desain Kamar Tidur Anak Sesuai Karakter | OmJis.com

Desain Kamar Tidur Anak Sesuai Karakter

December 18th, 2011 Rajhis 1 Comment

Kamar tidur anak merupakan salah satu tempat paling vital bagi seorang anak. Di kamar tidur, anak akan menghabiskan seluruh waktunya untuk belajar, bermain, dan melakukan aktivitas lain yang ia inginkan. Di tempat ini pula, anak akan melewati masa-masa pertumbuhannya. Oleh sebab itu, kamar anak harus dibuat menarik.

Setiap anak memiliki karakter berbeda bergantung jenis kelaminnya. Anak laki-laki dan anak perempuan memiliki kebiasaan dan kesukaan yang jelas berbeda. Jangankan anak laki-laki dan perempuan, sesama anak laki-laki pun belum tentu sama seleranya. Kepribadian anak pun dapat dibentuk dari kamar yang ia tempati.

Kamar Berkarakter

Mengingat setiap anak memiliki kebiasaan dan kegemaran yang tidak selalu sama, orang tua harus pandai-pandai mendesain kamar anak sesuai karakternya. Kegemaran akan tokoh-tokoh tertentu, misalnya tokoh kartun atau tokoh super hero, akan membuat karakter anak terbentuk sesuai yang diidolakannya.

Desain kamar yang dipilih sesuai karakter anak akan menentukan tingkat perkembangan anak. Anak akan lebih betah berada di kamar karena merasa bahwa kamar adalah tempatnya berekspresi. Ia akan berlaku sebebas-bebasnya -dalam arti positif- di kamar tidurnya itu. Anak pun akan berani mengekspresikan dirinya tanpa kekangan apapun.

Cara Mendesain Kamar Berkarakter

Sebagai orang tua, tentu Anda harus mengenali hal-hal yang disukai anak. Dalam mendesain kamar anak, diperlukan kerja sama dan pendekatan “intim” dengan anak. Hal ini diperlukan agar apa yang Anda lakukan tidak sia-sia. Jangan sok tahu menentukan karakter dan kesukaan anak. Alih-alih anak senang, malah tidak mau menempati kamar tersebut.

Berikut ini merupakan tip-tip sederhana untuk menciptakan kamar anak sesuai karakter dan kepribadiaanya.

Tanyakanlah barang atau apapun yang disukai anak agar barang yang dibeli merupakan bagian dari hidup anak.Tanyakan pula film, lagu, dan majalah, kesukaan anak Anda agar semakin mudah menentukan desain kamar tidurnya.Tahap berikutnya, buatlah konsep untuk mengembangkan ruang secara vertikal. Anda bisa memanfaatkan ketinggian kira-kira 120cm dari plafon sebagai tempat anak beraktivitas di bagian atas. Dengan demikian, akan ada dua aktivitas yang dapat dilakukan dalam sebuah ruang.Ruang bagian atas bisa digunakan sebagai tempat melakukan aktivitas yang sifatnya pribadi. Misalnya, meletakkan ranjang, membaca, dan mendengarkan musik.Ruang bagian bawah dapat dipakai untuk melakukan aktivitas yang lebih aktif. Misalnya, belajar atau bermain alat musik kesukaannya, seperti drum.Agar fungsinya tidak terbuang, ruang tangga dapat dipakai untuk meletakkan barang-barang, misalnya CD, majalah anak, buku cerita, dan koleksi anak lainnya.Tahap terakhir adalah peyelesaian tampilan kamar tidur anak atau finishing. Ini merupakan tahap paling menyenangkan. Anda bisa memasang poster tokoh-tokoh favorit anak. Gunakan pula tempelan tokoh idola anak pada lemari dan pintu kamarnya. Masalah warna, Anda bisa menyesuaikan dengan warna kesukaan anak.

Demikian tips sederhana untuk menciptakan kamar anak Anda sesuai karakternya. Selamat mencoba!  

Incoming search terms:

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

One Comment to “Desain Kamar Tidur Anak Sesuai Karakter”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: