Belajar Membuat Toko Online Sendiri | OmJis.com

Belajar Membuat Toko Online Sendiri

August 24th, 2011 Rajhis 0 Comments

 

Membuat toko online sendiri sekarang sudah bukan lagi hal yang mustahil. Harga hosting dan domain yang kian bersahabat juga membantu memudahkan pemilik toko untuk mempromosikan bisnisnya dengan biaya yang lebih rendah.

Belum lagi hadirnya CMS e-commerce seperti Joomla! Virtuemart dan Prestashop (masih banyak lagi yang lainnya) yang sangat user friendly sehingga orang dengan pengetahuan programming yang minim pun bisa dengan mudah membuat sendiri website e-commerce.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website e-commerce atau toko online.

Langkah awal dalam membuat toko online adalah definisikan bisnis Anda, nama bisnis (perusahaan), logo, slogan, lokasi (alamat), nomor telepon, dan alamat e-mail yang bisa dihubungi.

Sebelum membeli hosting dan domain, lakukanlah dulu riset, paling tidak lakukan dulu perbandingan antara penyedia jasa yang menawarkan hosting dan domain. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Pilih CMS e-commerce apa yang ingin digunakan; Joomla! Virtuemart, Prestashop, Magento, OpenCart, CubeCart, atau ZenCart. Sebelum memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, kumpulkan dulu informasi sebanyak-banyaknya mengenai CMS e-commerce tersebut.

Buat katalog produk dengan aplikasi Ms Excel

Untuk memudahkan Anda nantinya pada saat memasukkan informasi produk ke website, buatlah dulu katalog produk anda dengan aplikasi Ms Excel. Paling tidak katalog bisa Anda gunakan untuk berjualan sementara website toko online belum selesai dibangun.

Sebaiknya Anda melakukan instalasi CMS langsung pada domain Anda, bukan di localhost terlebih dahulu. Karena pada saat memindahkan ke lokasi hosting, Anda mungkin akan menemui masalah database. Hindari menginstal dari paket zip karena ketika di-extract di cpanel, kemungkinan tidak semua file terbawa.

Gunakan fasilitas Fantastico atau Softaculous dari cpanel Anda. Ikuti petunjuknya langkah demi langkah. Jika anda menemui masalah, tidak usah panik. Carilah forum-forum online yang bisa membantu anda menyelesaikan masalah tersebut. Kemampuan Bahasa Inggris yang baik juga dibutuhkan di sini.

Masukkan informasi seputar ringkasan bisnis

Setelah CMS e-commerce terinstal dengan benar, mulailah melakukan kostumisasi pada website toko Anda. Masukkan semua informasi seputar bisnis Anda yang sudah dibuat sketsanya di langkah pertama tadi. Jangan lupa buat juga favico yang memuat logo bisnis.

Dalam CMS e-commerce Anda bisa menentukan apakah ingin menerapkan manajemen stok atau tidak. Jika stok kosong, konsumen masih bisa memesan atau tidak, dan seterusnya. Juga Anda bisa menerapkan sistem diskon atau harga-jumlah (harga berbeda untuk jumlah pembelian yang berbeda).

Masukkan produk dan spesifikasinya berdasarkan katalog

Langkah berikutnya dalam membuat toko online, buatlah kategori-kategori produk. Kemudian masukkan produk dan spesifikasinya sesuai kategori berdasarkan katalog di file Ms Excel yang telah lebih dulu Anda buat.

Pembayaran bisa melalui akun paypal, transfer bank, cek, dan lain sebagainya. Pilih cara pembayaran yang bisa dilakukan di negara yang Anda tuju.

Tentukan cara pengiriman (shipment)

Pada saat berbelanja, konsumen tidak hanya membayar sejumlah harga produk, tapi juga termasuk ongkos kirim. Pilihlah kurir yang telah terpercaya untuk pengiriman produk Anda. Bebas biaya pengiriman untuk nilai belanja tertentu juga bisa diterapkan pada CMS e-commerce.

Simulasi Berbelanja

Setelah semua langkah di atas Anda lakukan dan tampilan fisik sudah sesuai dengan keinginan, lakukanlah simulasi berbelanja di toko Anda sendiri. Daftarkan diri Anda dengan identitas lain.

Jika Anda sudah mendaftarkan nama dan alamat email Anda sebagai administrator website tersebut, misalnya, gunakanlah nama dan alamat email berbeda, tapi jangan gunakan alamat email fiktif. Jika proses checkout sudah berlangsung sesuai keinginan Anda, itu artinya website toko Anda sudah selesai dibangun.

Promosikan Situs

Agar website Anda keluar di search engine, promosikanlah situs Anda. Cari informasi di internet atau konsultasikan dengan rekan atau kerabat Anda yang memiliki pengetahuan tentang ini.

Kini website Anda siap diluncurkan.

 

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Belajar Membuat Toko Online Sendiri”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: